Pantai Lhok Mata Ie Yang Tersembunyi Di Balik Bukit

Kegiatan outdoor sudah menjadi program weekend bagi anak-anak ABC (Atjeh Bicycle Comunity). Nahh rencana weekend kali ini adalah longtrip gowes ke Saree, berhubung ada temen yang pengen banget nyobain alat snorkling barunya,  jadi Saree di skip dulu. Anak-anak ABC sih uda sering kepantai ini, dan ini perdana bagi aku, maklum lahh masi anggota baru di ABC. Meeting point kali ini  di RS FAKINAH karena lokasinya yang serah dengan tujuan gowes, dan kumpul jam 7 (jam orang indonesia),  setelah nunggu selama setengah jam, semua anggota sudah ngumpul. Ada 8 orang dan para gemblung akan menyusul 😀 .

Lebih asik bersepeda

Lebih asik bersepeda

Tujuan kali ini adalah pantai “Lhok Mata Ie”. Jarak yang ditempuh kali ini nggak jauh sih hanya ±10-12km dari kota Kota Banda Aceh, tipe rutenya juga jalan aspal aja, jadi gak terlalu ekstreme. Sepanjang perjalanan kita akan disuguhkan dengan view yang bagus banget, di kanan laut biru dan di kiri sawah #Awesome . Sejam mengayuh sepeda akhirnya sampai juga, tapi ini belum sampai ke tujuan utama kita. Kami memarkirkan sepeda di perkarangan rumah warga dan mempersiapkan diri untuk medaki bukit ±50 menit. Wahh ternyata pantainya ada dibalik bukit ini *semakin penasaran*, perjalan medaki bukit ini viewnya juga bagus banget, padang Savana yang hijau dihembus oleh angin #FeelingFree 😀

#rumput #grass #green #hijau #savana

Pemandangan Padang Savana Yang Hijau

#walk #mountai #hill #savana

Jalan Setapak Menuju Lhok Mata Ie

Setelah 50 menit mendaki bukit, terlihat dari balik pepohonan ada air dengan warna hijau biru, dengan desiran ombak menghampiri pasir putih. “apakah ini tempatnya?” semakin penasaran aku lari menembus pohon-pohon yang menutupi bibir pantai ini, dan ternyataa WHAT THE ……… ternyata pantai ini dibalik tebing, melihat pantai ini aku langsung teringat dengan film nya Leonardo Dicaprio “THE BEACH” yah walaupun ndak mirip-mirip amat, yang pasti untuk kemari sudah capek mendaki masuk hutan kayak di film si Leo hehe.. Pantai ini masi sangat bersih dan alami banget, karena tidak adanya akses kendaraan menuju kemari, pantai ini belum banyak terjamah oleh wisatawan, batu-batu cadas yang tersusun awesomeeee ..WOW WOW

#pantai #Aceh #Biru

Bibir Pantai Lhok Mata Ie

Wajah lelaah tergantikan ceria setelah disambut kencangnya angin yang begitu sejuk. Sejenak istirahat sambil menikmati pemandangan pantai ini. Gilakk ini pantai damai banget 😀 . Teriknya matahari membuat kami merasa gerah. Pantai ini rekomended banget bagi yang hobbynya mancing, banyak sekali spot yang bisa digunakan untuk memancing, tapi ingat ombak disini juga lumayan kuat, and For Your Information Guys, ternyata pantai Lhok Mata Ie ini berada paling ujung Barat di Pulau Sumatera, kalau di lihat dari maps, jelas banget terlihat.

peta Lhok Mata Ie

Pantai Lhok Mata Ie Di Lihat Dari Maps

Nahh karena tujuan utama disini maunya snorkeling, langsung deh terjun ke laut, karena udah gak sabar juga. Pantai seindah ini sayang kalau hanya dilewatkan untuk melihat-lihat aja. Aku sih nggak bawa perlengkapan snorkling dan jujur emang gak ada 😀 , tapi untung aja temen-temen pada baik mau pinjemin alat snorkelingnya, yeaaaa, akhirnya bisa liat-liat isi lautnya gimana, show time.

terdapat banyak pulau kecil di antara pantai lhok mata ie ini

terdapat banyak pulau kecil di antara pantai lhok mata ie ini

Snorkeling Time, Alat Pinjeman Haha 😀

Karangnya bagus banget disini, yang asiknya itu gak perlu jauh-jauh sampe ke tengah lautnya harus lihat karang. dipantai Lhok Mata Ie ini hanya beberapa meter dari bibir pantainya kita sudah bisa melihat karang, bahkan dengan mata “TELANJANG” haha 😀 , karena sinar matahari yang langsung menuju karang, sehingga membuat karangnya tampak sangatttt sangattt jelas sekali, nampaklah ukiran-ukiran karang dari permukaan Awesome 😀

Hanya 10 meter dari bibir pantai karang ini sudah terlihat

Hanya 10 meter dari bibir pantai karang ini sudah terlihat

Banyak sekali jenis ikan di bawah sini, tapi gak tau jenis apa-apa saja, paling banyak sih jenis ikan Doris yang temannya si Nemo,,Jenis karangnya juga banyak, yang paling dominan bentuknya seperti jamur, ada juga bentuknya yang bertingkat-tingkat, argggg indah pokoknya, kalian yang mau kemari WAJIB snorkeling deh

DSCN2235

Karang Yang Bertingkat-tingkat

Ikan-Ikan Asik Bermain Di Karang

Ikan-Ikan Asik Bermain Di Karang

Karangnya berbentuk jamur

Karangnya berbentuk jamur

dan ada juga ubur-ubur yang gak ketinggalan mejeng di pantai ini, wess jangan takut ubur-uburnya kecil-kecil , dan kalau kena sengatan hanya menimbulkan gatal dikulit aja, jadi tidak terlalu berbahaya, tapi kalau ada nemuin si Ibu Ubur-ubur mending dijauhin aja :D. Yang pasti biarkan mereka tetap hidup dan jangan pernah mengganggu habitat laut kita ya temans. tetep jaga lingkungan laut kita ini, kalau mau snorkeling jangan sampai terinjak dan merusak karangnya, dan biarkan ikan-ikan unyuk ini hidup, jangan sampai di tangkap bahkan diletakan di aquarium yang bukan habitatnya.

BEWAREEE !!! JELLY FISH

BEWAREEE !!! JELLY FISH

Begitu keren ya negeri kita ini, semoga aja pantai ini akan tetep selalu bersih, jadi pesan buat temen-temen yang ingin menikmati keindahan pantai ini, TOLONG kita semua untuk tetep menjaga kebersihannya, misalnya kamu membawa makanan dan minuman agar sampahnya di simpan dulu, karna disana tidak ada tong sampah.

berbagi tips buat kamu yang pengen banget kemari :

  1. Lebih asik naik sepeda, karena kamu bisa menikmati keindahan pemandangan selama perjalanan.
  2. Bawa minuman dan makanan secukupnya, karena disana tidak ada pedagang kaki 5.
  3. Bawa perlengkapan snorkeling, minimal kacamatanya aja. yg suka mancing banyak spot tersedia disana
  4. Hati-hati  ular laut (warnanya hitam putih) kecil tapi sangat mematikan, tapi jarang ditemukan.
  5. Bawa kantung plastik untuk membersihkan sampah-sampah yang dibawa.

okelah itu aja deh tips buat kamu yang mau kemari, so yang pasti kita harus tetep menjaga alam kita ini yooooo..

sebelum pulang mari berfoto dulu 😀

sebelum pulang foto bersama dulu

Eksis Sebelum Pulang

Advertisements