Lagi-Lagi Keliling Asia Tenggara

Sebenarnya tahun 2014 ini aku berencana akan menyelesaikan misi untuk memenuhi cap paspor di negara Asia Tenggara. Tahun 2013 lalu aku sempat berkeliling di beberapa negara Asia Tenggara diantaranya Indonesia (hanya Pulau Jawa), Singapura, Vietnam, Kamboja, Thailand, dan Malaysia. Dan belum sempat menuliskan cerita perjalanan di Blog ini. Setelah kepulanganku selama hampir dua bulan traveling, aku berbagi cerita dengan teman-teman di Banda Aceh, dan mereka sangat tertarik sekali dengan perjalananku. Ketika aku bercerita akan berencana keliling Asia Tenggara lagi, mereka langsung menawarkan diri untuk ikut bersamaku. Tetapi aku belum bisa berjanji untuk pergi bersama-sama apalagi harus beramai-ramai. Saat itu aku sangat menikmati sekali menjadi seorang solo Backpacker. Karena merasa bebas tanpa harus berkompromi jika ingin kesuatu tempat. Akan tetapi aku berjanji akan membagi informasi jika ada promo tiket untuk domestik maupun internasional.

DSCN5227-horz

Cap Paspor Singapura-Vietnam-Kamboja-Thailand-Malaysia

Saat itu salah satu agen tiket pesawat online sedang mengadakan promo harga untuk berbagai tujuan Asia. Tujuan utamaku adalah Myanmar-Laos-Phillipine. Brunei Darussalam belum menjadi destinasi utama, karena tidak begitu banyak pesawat low budget kesana, dan belum ada tiket murah. Beberapa tiket promo, keberangakatan melalui Singapura. Saat melihat list harga, penerbangan yang paling murah adalah ke Myanmar hanya Rp. 210.000,- (include airport tax) via Singapura dan destinasai lainnya ke Phnom Penh Rp. 245.00, dan Ho Chi Minh City Rp 220.000. Jariku terhenti untuk membooking tiket tersebut, karena aku teringat dengan teman-teman yang juga ingin merasakan jalan-jalan murah, akan tetapi mereka belum paham bagaimana memulai suatu perjalanan low budget. Dan aku memutuskan untuk membatalkan pesanan tiket ke Myanmar, dan langsung memberitahukan ke teman-teman via group yang kebetulan kami semua terhubung ke satu group. “yang mau ikutan Backpackeran ke Asia Tenggara (Singapura-Kamboja-Thailand-Malaysia) lagi ada promo nih, yok kita pergi bareng-bareng, 12 hari 4 negara, budget 5-6 juta, sudah termasuk semuanya” kataku. Aku tidak memilih rute ke Ho Chi Minh Vietnam, mengingat ada beberapa teman yang statusnya adalah pekerja, karena tidak akan cukup waktu untuk mengambil cuti. Masing-masing negara akan dihabiskan 2-3 hari, bahkan ada yang hanya seharian full. Begitu aku kirim text, langsung group tersebut ramai. Aku memberikan kuota hanya 15 orang saja (termasuk aku), dan langsung penuh.

Tiket telah dipesan, keberangkatan fix ditanggal 16-27 Agustus 2014. Rute dimulai dari Medan-Singapura dan mendapatkan harga tiket promo Rp. 150.000, setelah itu akan melanjutkan perjalanan dari Singapura menuju Phnom Penh dengan tiket promo Rp. 245.000. Titik finish berada di Kuala Lumpur menuju Banda Aceh dengan harga Rp. 400.000. Tiket dibeli tidak dalam waktu yang bersamaan, harga tiket didapat 5-6 bulan sebelum keberangkatan. Begitu juga dengan hostel dimasing-masing negara telah di pesan. Beberapa website pelayanan jasa booking hostel telah memiliki kemudahan untuk para traveler, yaitu booking dulu, bayar di tempat dan free cancelation.

Rute Perjalanan 16-27 Agustus 2014

Rute Perjalanan 16-27 Agustus 2014

Aku sedikit memberikan advice ke teman-teman, bahwa aku bukanlah agen tour, jadi kita akan berpergian bersama-sama dan segela bentuk keuangan akan di manage sendiri. Disini juga kita akan saling belajar menjadi traveler yang hemat bukan berarti pelit. Aku akan membantu segala pemesanan tiket pesawat dan hostel.  Akan tetapi setiap perjalanan akan memiliki resiko, seperti perjalanan yang akan kita jalani ini, tiket dan hostel telah dipesan jauh-jauh hari, jika pada saat sebelum keberangkatan ada halangan dari salah seorang, maka semua harus direlakan, tidak ada pengembalian uang dari pihak maskapai penerbangan. Begitulah saran yang aku berikan kepada mereka, dan semua telah setuju.

Persiapan sebelum traveling juga harus matang, mulai dari kondisi fisik dan kesehatan. Olahraga yang tepat adalah joging, karena selama traveling akan menghabiskan waktu berjalan kaki untuk menuju beberapa tempat wisata, aku juga mengingatkan kepada teman-teman yang ikut traveling agar mencari info setiap negara yang akan dikunjungi, agar tidak haus akan informasi ketika sampai di negara tersebut.

Sampai saat postingan ini di publish, segala kelengkapan tiket pesawat, hostel telah dipesan, hanya tinggal menunggu keberangkat saja, dan menabung. Bagiku ini akan menjadi suatu ilmu tambahan yang mungkin kemudian hari bisa menjadi seorang tour guide 😀

Sampai jumpa di bulan Agustus ya teman-teman 😀

