Menjadi Backpacker, Why Not?

Masih ada saja orang yang berpikiran kalau melakukan perjalanan itu identik dengan mahal, luxury dan ada juga yang takut karena tidak bisa menguasai bahasa lokal ataupun Bahasa Inggris yang merupakan bahasa global. Kita harus berterima kasih kepada ilmuwan-ilmuwan yang telah menciptakan teknologi, sehingga semua akses di dapat begitu cepat dan gampang, yang salah satu imbasnya, kita dapat melakukan perjalanan murah dan mudah. Jika dahulu hanya orang-orang kaya saja yang bisa jalan-jalan keluar negeri ataupun naik pesawat, sekarang setiap orang dapat melakukannya. Dengan menggunakan internat kita mendapat segala informasi tentang akomodasi, dan tempat-tempat wisata menarik di seluruh dunia.

backpacker1

Anatomy of A Backpacker

Istilah “Backpacker” sekarang ini menjadi kata yang sangat populer dan menjamur yang di gunakan dalam percakapan di dunia traveling. Terkadang dengan menyandang gelar seorang Backpacker, kita terkesan keren. Nah sebelumnya mari pahami dulu konsep Backpacker itu seperti apa.

Apasih sebenarnya Backpacker itu.? Banyak sekali persepsi orang dalam menilai pengertian Backpacker. Pernah di salah satu group Backpacker di jejaring sosial Facebook, mendebatkan pengertian Backpacker ini, sampai-sampai harus adu mulut dan tidak mendapatkan solusinya. Sebenarnya tidak harus sampai seribet ini dalam mengartikan Backpacker itu sendiri. Setiap orang menilai Backpacker berbeda-beda akan tetapi tujuannya sama yaitu jalan-jalan hemat. Backpacker berasal dari kata “Backpack” yang artinya adalah ransel. Sedangkan Backpacker adalah orang yang melakukan perjalanan jauh, bisa itu dari satu kota ke kota lain, ataupun dari satu negera ke negara lainnya dengan menggunakan ransel demi alasan mobilitas dan juga sebagai simbol seorang Backpacker. Di dalam dunia traveling, selain Backpacker, ada juga yang di namakan Flashpacker. Tidak begitu jauh berbeda dengan Backpakcer hanya saja Flashpacker lebih mengutamakan kenyamanan dan sangat memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya. Intinya para Flashpacker lebih banyak menghabiskan uang dari pada Backpacker. Apapun identitas kita, mau itu Backpacker, Flashpacker ataupun lainnya pada dasarnya kita adalah seorang traveler.

Banyak hal yang akan di dapat ketika melakukan perjalanan di antaranya

  1. Mendapatkan Teman Baru, karena selama perjalanan kita akan di hadapkan dengan beribu-ribu orang dengan ras, bahasa yang berbeda-beda. Manfaatkan waktu ini untuk mengobrol santai bersama warga lokal ataupun para traveler dari berbagai negara sambil bercerita pengalaman traveling. Akan tetapi harus tetap berhati-hati jangan mudah percaya dengan orang dan lingkungan yang baru saja di kenal.
  2. Mendapatkan Pengalaman Baru. Banyak hal yang akan terjadi ketika traveling, salah satunya saat sulit untuk berkomunikasi dengan warga lokal yang akhirnya harus menggunakan body language. Bisa di bayangkan bagaimana lucunya ketika berbicara sambil menggoyankan anggota tubuh.
  3. Melihat Budaya Baru dan Lifestyle Yang Berbeda, dengan melihat budaya yang berbeda, kita dapat benar-benar membuka mata betapa banyak dan beragamnya budaya di dunia ini dan mengetahui cara orang hidup di seluruh dunia benar-benar menarik.
  4. Melatih dan Menantang Diri dalam menghadapi suatu problem yang di dapatkan ketika traveling, sehingga membuat kita menjadi mandiri.

Mengurus segala rencana perjalanan ataupun itinerary menjadi tugas wajib seoarang Backpacker. Berikut beberapa langkah yang harus kamu lakukan sebelum kamu mulai perjalanan nanti :

  1. Ketahui Tipe Perjalanan Yang Kamu Sukai

Setiap orang pasti ingin perjalanannya menjadi suatu pengalaman yang tidak akan terlupakan. Agar kamu tidak kebingung ketika sampai di tujuan, tetapkan langkah awalnya apa yang menjadi minat kamu ketika sampai disana, karena setiap orang menikmati perjalanannya berbeda-beda, Sejarah dan Budaya? Pantai? Gunung? Extreme Sport? Kuliner? Kasino? Arsitek dan perkotaan?. Akan tetapi beberapa tempat dapat di lakukan bersamaan sekaligus.

  1. Berapa Lama Kamu Akan Melakukan Traveling

Tidak semua orang memiliki waktu yang banyak untuk melakukan perjalanan. Bagi seorang pekerja, mahasiswa/pelajar akan memiliki batas waktu yang berbeda pula. Untuk satu tempat yang dituju bisa menghabiskan waktu 2-3 hari, jadi jika kamu mempunyai waktu seminggu, bisa mendapatkan 3 kota dengan masing-masingnya 2 hari.

  1. Banyak Uang Yang Akan Kamu Bawa

Sebelumnya kamu harus tahu kegiatan apa saja yang akan kamu lakukan selama perjalanan nanti. Jika kamu membawa uang yang terbatas, kamu bisa menekan beberapa biaya, di antaranya biaya makan, akomodasi, dan transportas publik.

  1. Solo Atau Rombongan

Pilihlah kamu merasa nyaman melakukan perjalanan sendiri atau beramai-ramai. Masing masing mempunyai kelebihan dan kekurangan, jika kamu memutuskan untuk beramai-ramai maka sikap toleransi, fleksibilitas dan sikap humor harus kamu punyai dan keuntungan beramai-ramai, semua akomodasi bisa di sharing sehingga bisa lebih murah. Dan jika kamu suka dengan kebebasan tanpa harus mengkompromikan segala hal terlebih dahulu, kamu cocok untuk bersolo traveling, akan tetapi akan sedikit mahal karena tidak bisa sharing untuk akomodasi publik ataupun penginapan.

  1. Mulai Melakukan Persiapan Traveling

5.1 Cari Informasi Tujuan Kamu, mencari informasi lebih awal akan banyak menghemat waktu kamu selama perjalanan nanti. Gunakan internet untuk mencari segala hal mengenai destinasi kamu, how to get there, kuliner, event-event lokal, dan hal menarik lainnya. Beberapa website yang menyediakan layanan ini adalah www.tripadvisor.com www.globaltravelmate.com

5.2 Hunting Tiket Pesawat Murah, pesan jauh-jauh hari untuk mendapatkan best price. saat ini banyak maskapai penerbangan LCC (Low Cost Carrier) domestik maupun internasional memberikan promo-promo ke destinasi manapun. Daftarkan email kamu agar mendapatkan newsletter tiket promo lebih awal. Rajin-rajinlah untuk mengecek tiket promo dan bandingkan harga maskapai satu dengan lainnya, seseringkali ada beberapa agen tiket online juga menawarkan tiket murah. Bermacam-macam strategi marketing yang di lakukan oleh pihak maskapai, promo Rp.0 , buy one get one, pergi bayar pulang di bayarin, dan promo-promo lainnya. Kamu juga harus memperhatikan syarat dan ketentuannya agar tidak kecewa dikemudian hari. Beberapa maskapai low cost untuk tujuan Asia di antaranya  www.airasia.com  www.tigerair.com www.jetstar.com www.cebupacificair.com www.citilink.co.id www.malindoair.com www.nokair.com

5.3 Mencari Penginapan Yang Layak, carilah tempat penginapan yang strategis, mudah di akses dengan menggunakan MRT atau transportasi lokal. Lihat di www.hostelworld.com www.hostelbookers.com www.agoda.com www.asiarooms.com. Atau jika kamu ingin mendapatkan tempat penginapan gratis bisa mencoba untuk bergabung dengan jejaring pertemanan para traveler www.couchsurfing.org atau www.hospitalityclub.org. Kamu juga bisa menggunakan pilihan menginap di bandara apabila waktu kedatangan dini hari atau memiliki waktu transit yang lama di penerbangan selanjutnya, informasi tips menginap di bandara lihat di www.sleepinginairports.net

Hal di atas merupakan elemen-elemen penting yang harus di perhatikan sebelum memulai traveling, khususnya para Backpackers. Kita tidak tahu apa yang akan terjadi pada saat traveling nanti, tetapi dengan perencanaan yang sebaik mungkin, maka dapat mengurangi resiko saat traveling nantinya. Bukan berarti aku adalah seorang Backpacker yang handal, saat aku traveling juga menemukan masalah-masalah yang sebelumnya tidak pernah di bayangkan akan terjadi, tetapi jika menikmati dan menyelesaikannya akan menjadi pengalaman yang berharga.

Travelinglah teman, lihat dunia yang begitu luas, maka kamu akan mendapatkan hal yang tidak pernah kamu dapatkan sebelumnya”  Have a great Trip everyone

Reza

Ben Thanh Market, Ho Chi Minh City

Advertisements